3 Cara Sederhana Agar Berpikir Lebih Kreatif dan Produktif di Tempat Kerja

Sekarang, era industri yang dibilang sudah sampai pada level empat titik nol, memaksa kita untuk bekerja lebih kreatif dan produktif. Tak peduli secara spesifik kita bekerja di bidang apa, sebagai pengusaha harus mampu meningkatkan kreativitas dan produktivitas kerja.

Sementara itu tempat memproduksi kreativitas saat ini pun tak terbatas oleh ruang dan waktu. Anda dapat melakukannya di manapun Anda inginkan, bisa di rumah, di kantor, di taman, di samping kolam renang, di alam terbuka pegunungan, bebas.

Bukan masalah Anda merasa bangga dapat bekerja di sebuah kantor besar, atau bekerja bebas dari mana saja, tetapi ini adalah soal produktivitas. Harus ada output optimal yang dihasilkan dari sebuah proses berpikir dan bekerja.

Oleh karena itu alangkah baiknya kita memperhatikan lingkungan tempat kerja seperti apa yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas kerja. Sepertinya sepele, tapi beberapa hal yang ingin saya sampaikan berikut ini ternyata dapat membantu memberikan efek kejut yang siginifikan dan bersifat kontinu bagi perkembangan bisnis kita.

Menggambarkan Peta Pikiran Anda di Papan Tulis

Tak peduli bila Anda adalah seorang pembelajar tipe auditori atau kinestetik, tapi kekuatan visualisasi tetaplah memberikan dampak yang besar bagi otak manusia agar dapat berpikir lebih luas.

Sebelum sebuah ide yang kita miliki dalam angan-angan itu dieksekusi, menuliskannya dalam sebuah papan tulis dapat membantu memunculkan setiap detail yang harus dilakukan selanjutnya.

Mind Map atau Peta Pikiran, ditemukan oleh Tony Buzan seorang psikolog asal Inggris. Peta pikiran sangat berguna untuk memberikan stimulasi pada otak agar kreativitas dapat meningkat.

Mendengarkan Musik untuk Merangsang Kreativitas

Tidak harus musik klasik dong. Orang bilang kan musik klasik itu musik yang bisa buat orang makin cerdas. Mungkin benar, tapi kalau ingin membuat otakmu nyaman dan efeknya dapat meningkatkan kreativitas, ya dengarkan saja jenis musik yang Anda suka.

Mengatur Lingkungan Kerja yang Nyaman

Lingkungan kerja harus dibuat senyaman mungkin agar apa yang sedang kita kerjakan bisa optimal. Dari yang sederhana saja kita bisa berangkat dari meja kerja yang alangkah baiknya dibuat nyaman untuk bekerja.

Saya tidak bicara soal kerapian meja kerja ya, tapi ini soal kenyamanan. Ada orang yang tidak bisa bekerja karena mejanya terlalu rapi, ada juga yang harus rapi. Jadi ini soal selera dan kenyamanan saja.

Suhu ruangan dan penerangan pun juga harus Anda atur agar sesuai dengan rasa nyaman saat bekerja. Secara prinsip jika ruangan terlalu panas akan menyebabkan tubuh cepat lelah, otak tidak akan efektif jika dipaksa untuk berpikir kreatif.

Demikian juga dengan penerangan dalam ruangan juga harus sesuai dengan mata agar nyaman itu tadi.

Jadi kesimpulannya adalah ide yang muncul dalam pikiran harus dipetakan agar dapat lebih berkembang. Setelah itu baru lakukan penyesuaian terhadap fisik dan mental kita. Mendengarkan musik sangat membantu mental kita agar lebih rileks dan tenang sehingga ide segar pun akan mudah keluar. Suasana di lingkungan kerja juga harus kita atur agar nyaman sehingga menunjang setiap aktivitas berpikir.

Harapannya, jika cara itu Anda lakukan maka kreativitas akan meningkat tajam dan produktivitas kerja semakin tinggi. Pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik, klien puas, dan akhirnya pencairan deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *