8 Cara Bekerja Efektif

melapas-stres

Konteks pembicaraanku di sini bukan hanya untuk bekerja efektif di kantor saja, melainkan juga bagaimana bekerja cerdas sehingga pekerjaan apapun yang menyangkut bisnis kita juga dapat diselesaikan dengan efektif dan efisien. Bekerja keras seringkali tak seiring sejalan dengan keberhasilan menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan.

Berdasarkan penelitian tentang produktivitas kerja, kemampuan rata-rata seseorang dapat bekerja dengan baik adalah sekitar 50 jam kerja/minggu. Jika sudah melewati durasi tersebut, maka pekerjaan menjadi tak lagi efektif dan produktivitas malah menjadi turun. Bicara efisiensi berarti bukan seberapa keras kamu bekerja, melainkan seberapa efektif caramu bekerja sehingga hasil pekerjaanmu memuaskan.

Jangan bangga dulu kalau kamu bekerja lembur untuk dapat menyelesaikan setiap pekerjaan yang dibebankan. Jangan-jangan justru kamu perlu introspeksi dan perlu mengubah pola kerjamu agar menjadi lebih produktif. Cara sederhananya ya kamu harus bekerja dengan cara yang cerdas. Dan sekarang aku mau bagikan beberapa tips cara bekerja lebih efektif. Mungkin kamu sudah mengetahui poin-poin yang akan aku sampaikan, anggap saja ini sebagai pengingat kembali.

1. Jadwal Kerja

Membuat jadwal kerja berarti membutuhkan waktu tersendiri untuk merencanakan kapan dan apa saja yang harus dikerjakan. Luangkan waktu sebentar sebelum beristirahat malam untuk merencanakan hal apa saja yang harus dilaksanakan esok hari. Bikin list sederhana saja, besok mau kemana, mau ketemu siapa, jam berapa. Mungkin pada pelaksanaannya nggak seperti yang tertulis di daftar itu, tapi kalau meleset pun tidak jadi soal dan bersiap untuk melakukan manuver perubahan jadwal.

2. Tentukan Tujuan

Menetapkan serangkaian tujuan akan memicu perilaku aktif dan mempertahankan momentum. Tujuan dapat membantu kamu mengembangkan keterampilan dalam pekerjaan dan menyelaraskan diri dengan aktivitas kerja untuk hari itu.

Setelah kamu berhasil menetapkan tujuan, maka kamu akan menemukan bahwa mental seperti itu bisa membuat setiap tugas yang sudah dipersiapkan dapat diselesaikan dengan baik.

3. Menjadi Teratur

Pikiran yang tidak terorganisir akan membuat kurang produktif dan bisa bikin kamu bekerja secara nggak efisien. Jangan menjadi korban dari siklus ini. Aturlah diri kita, meja kerja, kegiatan yang direncanakan, serta waktu yang ada harus diatur dengan baik.

Ini akan sangat membantu kamu mengatur waktu Anda secara efektif. Kamu juga bisa menggunakan bantuan software atau aplikasi manajemen waktu yang bisa kamu unduh di playstore. Jaman sekarang sudah banyak tools yang bisa membantu kita jadi lebih teratur. Tinggal kitanya mau nggak mengatur dan diatur diri sendiri.

4. Hilangkan Gangguan

Minimalisir semua gangguan yang ada saat sedang bekerja dan berusaha fokus pada setiap tugas yang sudah kamu tentukan sendiri. Pengaruhnya tentu saja ke ritme bekerja, kalau kamu mudah ter-distract oleh hal-hal yang menurutmu sangat mengganggu, coba segera diatasi.

Hal yang membuat kamu mudah teralihkan kadang hanya soal sepele, seperti bermain media sosial, mengenang mantan kekasih, ajakan teman untuk bermain di jam kerja. Munculkan kebiasaan positif terhadap pekerjaan, misal kebiasaan makan yang teratur, tidur yang teratur, maka kamu pun akan dengan mudah menyesuaikan diri dengan gangguan yang ada.

Tak sepenuhnya gangguan yang muncul tersebut dapat dihilangkan. Setidaknya minimalisir segala gangguan yang ada tersebut, supaya kamu nggak stress.

Ada beberapa gangguan yang kadang kita tak bisa hindari, misal cedera di tempat kerja, kehilangan dokumen atau peralatan, keluarga di rumah sedang sakit dan harus menjaganya. Harus pintar-pintarnya kita mengaturnya agar saat bekerja tetap dapat berkonsentrasi penuh.

5. Miliki Waktu Senggang

Kita bukanlah robot yang bisa terus menerus bekerja tanpa merasakan lelah. Fisik dan mental kita juga perlu beristirahat barang sejenak. Mengikatkan diri selalu pada pekerjaan menjadikan kita tak produktif lagi.

Ambillah jeda waktu, milikilah waktu senggang untuk melepas kepenatan. Kamu bisa memanfaatkan waktu makan siang, jalan-jalan sebentar ke luar kantor, istirahat tanpa melakukan apapun, atau bisa janjian ketemu sama teman di luar kantor hanya untuk sekadar ngobrol sebentar sambil menikmati makan siang.

Istirahat yang teratur akan membuat dirimu lebih sehat dan produktif dalam bekerja.

6. Membuat Penundaan yang Terstruktur

Menunda pekerjaan adalah tidak baik, itu benar. Tetapi kita sekarang buat prioritas pekerjaan mana saja yang perlu dikerjakan terlebih dulu atau bisa kita tunda pengerjaannya. Bagi sebagian orang ada yang memilih mengerjakan yang sulit dulu, ada pula yang memilih mengerjakan yang lebih mudah dulu. Sesuaikan dengan kebutuhan tenggat waktu yang harus dicapai, agar pada saatnya pekerjaan tetap bisa terselesaikan dengan baik.

7. Mencari Bantuan

Kamu nggak akan pernah bisa selalu berhasil menjadi pemecah masalah. Bisa-bisa kamu malah jadi stress dan nggak produktif karena berkutat pada satu persoalan saja. Kamu bisa bertanya, minta bantuan kepada teman yang mempunyai pengetahuan lebih baik sehingga kamu pun mendapatkan saran bagaimana menyelesaikan persoalan pekerjaan yang sedang kamu hadapi.

Dengan begitu kamu akan menghemat waktu, mengurangi stres, dan bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

8. Menghilangkan Stress

Yang harus kamu ketahui dan sadari, stres dapat mengurangi produktivitas. Parahnya, stres di tempat kerja bisa menyebabkan penyakit dan merusak kreativitas serta efisiensi kamu dalam bekerja.

Identifikasi pemicu stres dan segera temukan cara untuk menghilangkan stres itu. Kamu juga bisa kok ikutan kegiatan positif di waktu senggang seperti yoga, pijat, aromaterapi, atau kegiatan hobi kamu lainnya.

Jadi kesimpulannya begini, perbedaan antara bekerja cerdas dan bekerja lebih keras adalah pada tingkat produktivitas dan waktu yang dihabiskan.

Nggak perlu merasa terbebani dengan cara-cara di atas, semua adalah proses bertahap. Beri waktu untuk dirimu sendiri menyesuaikan dan menerapkan tips cara bekerja efektif yang sudah aku ceritakan tadi.

Semoga kamu makin produktif ya, sehat dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *